Yola, Yolanda and GUSLINDA, LINDA and Fega, Defriyanti
(2018)
HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA REMAJA DI SMP ADABIAH PADANG TAHUN 2018.
Kesiapan Tenaga Kesehatan Dalam Mengembangkan Entrepreneurial Mindset (3).
ISSN 978-602-74964-2-2
Abstract
Berbagai permasalahan terjadi pada remaja salah satunya siswa yang tidak dapat mengontrol emosinya dengan baik. Keadaan siswa tersebut tentunya dilatarbelakangi oleh beberapa faktor yang mempengaruhi kecerdasaan emosional, salah satunya media massa eletronik. Media dapat memberi pengaruh besar terhadap kecerdasaan emosional remaja. Angka Kenakalan dan kriminalitas remaja di indonesia
tercatat 4.123 remaja usia ≤ 18 tahun menjadi perilaku tindak kriminal, 255 remaja yang terlibat kasus tawuran antar pelajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Penggunaan Gadget dengan Kecerdasan Emosional pada Remaja di SMP Adabiah Padang Tahun 2018.Penelitian ini menggunakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. pengumpulan data telah dilakukan di SMP Adabiah Padang dan waktu penelitian 7 – 8 juni 2018 dengan jumlah populasi 391 siswa dan sampel 80 responden. dengan teknik pengambilan sampel secara proportional simple random sampling. Hasil uji statistik chi- square didapatkan p=0,000 (p< 0,005), maka terdapat
hubungan yang bermakna antara Penggunaan Gadget dengan Kecerdasan Emosional pada Remaja di SMP Adabiah Padang Tahun 2018.Disarankan kepada pihak sekolah diharapkan agar selalu menerapkan aturan agar siswa tidak membawa gadget disekolah dan melakukan razia terhadap siswa yang masih membawa gadget ke sekolah sehingga penggunaan gadget yang berlebihan masih bisa dikontrol.
Actions (login required)
|
View Item |